Selasa, 22 September 2009

ORGANISASI PERGERAKAN YANG STRATEGIS

ORGANISASI GERAKAN YANG DIHARAPKAN

BARA-NI ( Barisan Anak Rakyat - Nias ) merupakan kreasi aktif dari emosional dan dialektika pergerakan itu sendiri dalam berjuang , berwatak dan bersama dengan rakyat. Keberadaanya harus diakui merupakan organ pelopor di pulau Nias yang telah dan sangat diharapkan menjadi organisasi besar, solid dan tulang punggung kekuatan rakyat di Pulau Nias pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Barisan Anak muda ini haruslah memasuki fase kedewasaanya menjadi Barisan Rakyat Nias , berpusatkan di Pulau Nias. Maka, terbangunnya organisasi rakyat yang solid,kuat dan mandiri adalah relevan dengan impian di masa lalu dan hanya dengan tekad yang bulat dapat diwujudkan untuk masa sekarang dan masa yang akan datang , menuju rakyat nias yang adil dan sejahtera.

BARA-NI barangkali akan sangat efektif dalam perannya sebagai organisasi kunci, pusat politik, ekonomi dan sosial budaya rakyat Nias kedepan, tidak lagi hanya sebagai organisasi demonstran ataupun organisasi yang identik dengan mahasiswa /activist mahasiswa Namun tanpa menghilangkan makna dan isinya, organisasi ini sudah harus menjadi activist rakyat, kekuatan rakyat itu sendiri, organisasi massa rakyat yang mampu dan menjadi pusat konsolidasi politik elemen – elemen pergerakan yang akan dibentuk ( mahasiswa, petani,buruh, nelayan, becak , pedagang dll )
BARA-NI dalam strategi organisasisnya harus sudah mampu melibatkan rakyat diberbagai pelosok kecamatan – desa di pulau Nias.Dengan ini, diharapkan pembasisan dapat lebih efesien dan efektif . Dengan metode pembasisan hingga ketingkat kecamatan dan pelosok desa maka diharapkan akan memberikan ruang bagi kaum muda untuk berlatih kepemimpinan serta mampu menempa integritasnya dalam perjuangan bersama dengan rakyat diseluruh pelosok tanah Nias. Untuk hal tersebut pendamping – pendamping sebagai penegak garis revolusioner haruslah dipersiapkan juga agar organisasi tidak terjebak dalam semangat birokratisasi , persatuan serta kepentingan non organisasi.

Barangkali tidaklah terlampau berlebihan jikalau Nias dimasa yang akan datang dapat menuntut hak pengelolaan dirinya dengan lebih maksimal. Pulau yang terlepas dari daratan pulau Sumatera ini letak geografisnya dikelilingi oleh lautan dan memiliki keunikan sumber daya alam tersendiri yang jauh berbeda dengan wilayah lainnya di pelosok Indonesia. Nias memiliki suku bangsa/keturunan dengan bahasa Nias sebagai bahasa umum di kepulauan ini. Nias sangat sedikit disebut-sebut dalam sejarah kemerdekaan nasional, Siapakah pahlawan nasional dari Nias yang terkenal ? Agama mayoritas 99 % adalah Kristen. Berikut keunggulannya yang sangat luar biasa adalah keterisolirannya dan ketertinggalannya dengan caruk maruk modernitas itu sendiri, sehingga penduduk masih banyak yang tidak mengerti bahasa Indonesia. Jikalau pulau dengan suku bangsa yang unik ini tidak dapat diurus oleh pemerintah bahkan sebaliknya hanya sebagai tempat jin buang bayi, buang aparat dan sebagainya maka barangkali BARA-NI sebagai kekuatan rakyat sudah dapat memilih untuk menentukan nasib sendiri dengan jumlah populasi 697.592 ribu jiwa dimasa yang akan mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar